Makanan Yang Dilarang Bagi Ibu Hamil

Makanan Yang Dilarang Bagi Ibu Hamil. Ibu hamil, adalah Ibu yang memiliki calon bayi didalam perutnya. Sepertinya bahasanya kasar ya, tapi memang seperti itu. Setelah anda memastikan bahwa anda telah positif hamil dengan mengetahui tanda tanda awal kehamilan tentunya.


Untuk menaga kehamilan tetap sehat, sang Ibu harus menjaga kehamilan tersebut. Diantaranya menghindari makanan-makanan yang berbahaya yang menyebabkan keguguran.


Beberapa menu makanan ada yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu yang sedang hamil karena akibatnya bisa fatal. Makanan tu antara lain adalah:

  1. Daging atau Ikan Mentah. Bagi anda penggemar sushi, sebaiknya anda menunda memakan makanan kesukaan anda yang satu ini. Ternyata, daging atau ikan yang mentah sangat beresiko mengandung bakteri yang berbahaya seperti salmonella atau toxoplasma.

  2. Sayuran Mentah. Sayuran mentah juga sebaiknya anda hindari. Selain ancaman toxoplasma, pestisida yang dibawa oleh sayuran akan mengganggu pertumbuhan bayi dalam kandungan anda. Pastikan anda mengkonsumsi sayuran yang benar-benar matang agar janin anda tidak terganggu pertumbuhannya.

  3. Telur Mentah ataupun Setengah Matang. Sangat tidak dianjurkan untuk memakan telur mentah ataupun setengah matang. Faktanya, telur mentah ataupun setengah matang memiliki bakteri salmonella yang tinggal di dalam telur tersebut dan dapat membuat kandungan anda berada dalam posisi bahaya.

  4. Ikan Bermerkuri. Pada saat memasuki masa hamil, anda sebaiknya menghindari makanan kalengan. Mengapa? Karena makanan kalengan dapat berpotensi memiliki kandungan merkuri yang membahayakan. Juga jangan makan ikan besar yaitu Ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam  jumlah yang besar.

  5. Soft Cheese. Keju impor sebaiknya juga anda hindari karena keju impor tersebut diduga mengandung bakteri yang disebut Listeria. Bakteri ini cukup berbahaya karena bisa menyebabkan pendarahan, hingga keguguran.

  6. Aneka Saus Berbahan Dasar Telur Mentah. Karena telur mentah ataupun setengah matang sudah menjadi pantangan bagi ibu hamil, maka mayonaise, ice cream home made, custard, salad dressing, ataupun cream kue sebaiknya dihindari. Hilangkan semua menu makanan yang mengandung telur mentar dari daftar makan anda.

  7. Susu Non Pasteurisasi. Sama dengan soft cheese, susu non pasteurisasi juga diduga mengandung bakteri Listeria yang dapat membahayakan janin anda.

  8. Alkohol. Minuman yang satu ini sudah jelas masuk dalam daftar TIDAK BOLEH DIKONSUMSI bagi ibu hamil. Alkohol sangat berbahaya bagi siapapun. Ancaman selain berbahaya bagi ginjal dan jantung, adalah berbahaya bagi seluruh tubuh lainnya. Alkohol bisa dikatakan sebagai racun yang dapat menghancurkan sistem syaraf saat dikonsumsi terus-menerus. Pada ibu hamil dan menyusui, alkohol bisa membuat calon bayi anda menderita gangguan mental dan juga gangguan kehamilan lainnya bagi anda.

  9. Kafein. Menurut studi yang ditemukan APA mengatakan bahwa kafein dapat berpengaruh terhadap keguguran, terutama di usia kehamilan trisemester. Kafein merupakan zat yang dapat membuat anda selalu ingin buang air, sehingga tubuh anda bisa menjadi lemah, mudah dehidrasi, bahkan kekurangan kalsium. Saat ini, dunia medis membatasi pengonsumsian kafein tidak lebih dari 300mg per hari untuk mencegah keguguran tersebut.
Semoga bermanfaat…!!!!
Next Post Previous Post