Tanda Tanda Wanita Hamil

tanda-tanda wanita hamilBagi pasangan muda, kehamilan merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan. Pasangan baru akan khawatir bila tidak kunjung dikaruniai anak kecuali perkawinan yang memang tidak disukai misal karena dijodohkan atau karena penyebab lain misal pernikahan yang terlalu muda.

Banyak tanda seorang wanita atau istri hamil. Hanya saja tanda tanda itu biasanya tidak diketahui oleh seorang wanita. Kecuali wnita atau istri tadi memang sudah mempelajarinya. yang mereka ketahui paling tanda tanda yang memang sering dijumpai dan terlihat secara kasat mata.

Dengan datangnya tanda-tanda kehamilan, hadirnya seorang buah hati dalam keluarga mereka tinggalah menunggu waktu. Keluarga terasa semakin lengkap dengan kehadiran buah hati yang dinanti.

Mengetahui tanda-tnd kehamilan ini penting. untuk membedakan mana yang dikatakan menstruasi dan mana yang mnerupakan tanda kehamilan. Dan ketidak tahuan inilah yang menjadi salah satu penyebab keguguran.

Dengan ketidaktahuan akan tanda-tanda kehamilan juga mengakibatkan persiapan yang matang menyongsong kehamilan menjadi terabaikan.

Tanda Tanda Wanita Hamil
Banyak para perempuan menilai bahwa tanda-tanda kehamilan hanya melihat dari terlambat datangnya menstruasi. Padahal terlambat menstruasi ini juga bisa disebabkan oleh pola makan, stress, kecapaian, adanya gangguan hormonal dsb. Nah, untuk lebih memastikan lagi, selain terlambatnya menstruasi, cermati pula tanda-tanda kehamilan yang lain, yaitu:
  • Terlambat datangnya menstruasi.

  • Payudara yang agak membengkak serta agak terasa sakit, ini terjadi karena nebingkatnya kadarhormon esterogen dan progesteron.

  • Sering mengalami mual atau muntah pada saat pagi hari. Ini terjadi pada 50% wanita

  • Perut terasa membesar dari ukuran biasanya, dan kadang juga terasa kembung.

  • Terkadang Merasa nyeri di bagian Ulu hati.

  • Puting susu membesar pula dan warnanya akan semakin gelap. Juga akan muncul bintik kecil dibelakang puting, dan warna puting juga berubah dari biasanya.

  • Indra penciuman semakin peka terhadap bau, dan sering tidak nyaman dengan bau-bau sesuatu bahkan sampai tidak betah, misal bau sabun mandi dan lain sebagainya. Pada bagian ini biasa disebut ngidam.

  • Sering mengalami buang air kecil, disebabkan janin yang tumbuh di rahim menekan kandung kemih dan akibat adanya peningkatan sirkulasi darah. Selain itu kandung kemih lebih cepat dipenuhi oleh urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. Peningkatan rasa buang air kecil juga disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan.

  • Biasanya cepat merasa lelah atau capek disebabkan oleh perubahan hormonal, juga akibat kinerja dari beberapa organ vital seperti ginjal, jantung, dan paru-paru, semakin bertambah.

  • Naiknya temperatur basal tubuh. Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

  • Sedikit pendarahan pada bagian intim. Terjadi biasanya antar 1 minggu sampai 2 minggu setelah berhubungan intim.

  • Pusing dan sakit kepala (Headaches) diakibatkan oleh faktor fisik; rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah, rendah. Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat ibu berubah posisi.

  • Sembelit terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari keadaan ini adalah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.

  • Sering meludah (hipersalivasi) terjadi akibat pengaruh perubahan hormon estrogen, biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama. Kondisi ini biasanya menghilang setelah kehamilan memasuki trimester kedua

Bagaimana Cara Kerja Test Pack

Test Pack adalah alat tes kehamilan yang dilakukan melalui media air seni, hal ini dilakukan untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG (Human chorionic Gonadotrophin) Hormon yang menyebabkan wanita hamil mual-mual. Peningkatan hormon ini akan mengakibatkan efek pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual.
Tanda-tanda kehamilan (pregnancy symptoms) di atas bersifat pribadi dan tidak semua perempuan pada awal kehamilan mutlak memiliki tanda-tanda di atas, artinya berlakunya tanda kehamilan di atas ada yang memang semua mengalaminya, bervariasi, tapi ada pula yang tidak memiliki keluhan apapun.

Jika anda masih ragu atas tanda tand kehamilan ini, langkah terbaik dalah memerikskan diri ke dokter. Karena ia lebih tahu mengenai kehamilan anda.
Next Post Previous Post