Resep Manisan Kolang-Kaling

Pohon aren atau enau (Arengan Pinnata) merupakan pohon yang menghasilkan bahan-bahan industri. Hampir semua bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan karena nilai ekonomi.


Tanaman aren di Indonesia banyak terdapat hampir di seluruh nusantara tanaman ini sudah lama dikenal masyarakat luas. Tanaman Aren dapat diandalkan sebagai salah satu sumber devisa negara dan meningkatkan nilai ekonomi.

Tanaman aren bermanfaat juga untuk pengawetan sumber daya alam ( tanah) dan kelestarian lingkungan hidup. Buah aren inilah yang di olah menjadi kolang kaling. Berikut ini cara bagaimana mengolah kolang kaling manjadi manisan.

Resep Manisan Kolang-Kaling

Manisan Kolang-Kaling

  1. Bahan:2 kg buah atap/kolang-kaling
  2. 2 liter air cucian beras *)
  3. 1, 5 liter air
  4. 4 lembar daun jeruk purut
  5. 2 lembar daun pandan, potong-potong
  6. 600 g gula pasir
  7. pewarna merah

Cara membuat Resep Manisan Kolang-Kaling

  1. Cuci bersih kolang-kaling. Rendam kolang-kaling dalam air cucian beras selama 4 jam atau lebih agar lendir dan aroma asamnya hilang. Tiriskan.Bilas dengan air bersih, tiriskan kembali.
  2. Rebus kolang-kaling bersama air, daun jeruk, dan daun pandan hingga mendidih.
  3. Masukkan gula dan beri beberapa tetes pewarna merah. Masak terus hingga air berkurang dan kolang-kaling menjadi merah. Tiriskan kolang-kaling.
  4. Jerangkan air siropnya hingga agak kental. Masukkan kembali kolang-kaling dan masak dengan api kecil hingga air siropnya habis atau hampir kering. Angkat.
  5. Dinginkan. Taruh dalam wadah tertutup. Simpan dalam lemari es.

Untuk 2 kg

*) Air cucian beras adalah air yang keruh saat beras disiram air bersih dan diaduk/dicuci.
Next Post Previous Post