Kacang Mede

Kacang Mede biasa juga disebut Kacang Mente, dan juga kacang mete. Kacang Mede diperoleh dari Jambu Mede ikenal dengan nama jambu monyet.

kacang mente bijinya yang biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan. meski jambu monyet dikatakan jambu, tapi tidak termasuk jambu-jambuan atau kacang-kacangan. malah lebih dekat kekerabatannya dengan mangga.


Luasnya Indonesia membuat tanama ini dikenal berbeda sesuai daerah dengan nama seperti jambu mèdè (sunda); jambu mété atau jambu ménté (Jw.); jhambu monyèt (Md.); jambu dwipa, jambu jipang, nyambu monyèt (Bl.); nyambuk nyĕbèt (Sas.); jambu érang, jambu monyé (Mink.); jambu dipa (Banj.); buwah monyet (Timor); buwah yaki (Manado); buwa yakis, wo yakis (Sulut); buwa yaki (Ternate, Tidore); buwa jakis (Galela); jambu daré, jambu masong (Mak.); jampu sèrĕng, jampu tapĕsi (Bug.); dan lain-lain.

Cara Mengolah Kacang Mede

Setelah baca-baca di pelangiannisa.blogspot berikut ini cara mengolah kacangmede supaya gurih:
  1. Kukus / dang kacang mete pada pagi hari hingga matang
  2. Gelar kacang mete di tampah agar kering, cukup diangin-anginkan tidak perlu dijemur
  3. Sorenya, goreng kacang mete dengan blueband, semakin banyak blueband rasanya semakin gurih
  4. Taburi kacang mete yang sudah matang denggan irisan bawang putih goreng

Kandungan Gizi Kacang Mede


Kacang mete mengandung jumlah terendah lemak dalam keluarga kacang, dengan 1 oz. terdiri dari 18 kacang-kacangan dan 160 kalori. Makan kacang mete di moderasi untuk membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung dan stroke.

Protein
Kacang mete memiliki kandungan protein tinggi, dengan 17,2 g protein dalam 100 g.

Lemak
Kacang mete mengandung jumlah lemak yang tinggi, terdapat 3 persen lemak jenuh, rapi tidak boleh dimakan berlebihan. Dimakan bijaksana, 1 oz. kacang mete menyediakan 8 g lemak tak jenuh tunggal dan 2 g lemak tak jenuh ganda, yang penting bagi kesehatan.

Kacang mete kaya akan asam folat, seng, magnesium, serat, vitamin dan mineral. Mereka adalah sumber yang sangat baik dari vitamin K, serat, vitamin B, folat, tembaga, magnesium dan seng.
Next Post Previous Post