Mengenal Garam

Mengenal Garam

Mengenal Garam

Ketika hendak memasak, kita selalu menambahkan garam kedalam masakan. Apa sebenarnya kandungan garam itu, apa manfaatnya dan apakah bahayanya. Mari kita bahas kali ini seputer garam.

Garam Dapur

Garam dapur adalah sejenis mineral yang dapat membuat rasa asin.
Biasanya garam dapur yang tersedia secara umum adalah Natrium klorida (NaCl) yang dihasilkan oleh air laut.

Garam sangat diperlukan tubuh, namun bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain itu garam juga digunakan untuk mengawetkan makanan dan sebagai bumbu.
Untuk mencegah penyakit gondok, garam dapur juga sering ditambahi yodium.

Bahaya Mengkonsumsi Garam

Konsumsi garam berlebih membuat pembuluh darah pada ginjal menyempit dan menahan aliran darah. Untuk itulah, ginjal memproduksi hormon Renin dan Angiostenin agar pembuluh darah utama mengeluarkan tekanan darah yang besar sehingga pembuluh darah pada ginjal bisa mengalirkan darah seperti biasanya.

Tekanan darah yang besar dan kuat ini menyebabkan seseorang menderita hipertensi tipe sekunder, yakni hipertensi yang disebabkan oleh masalah di bagian tubuh lainnya, dalam hal ini ginjal. Konsumsi garam per hari yang dianjurkan adalah sebesar 1500-2000 mg atau setara dengan satu sendok teh.

Perlu diingat bahwa sebagian orang sensitif terhadap garam sehingga mengonsumsi garam sedikit saja akan menaikkan tekanan darah. Membatasi konsumsi garam sejak dini akan membebaskan Anda dari hipertensi, penyakit ginjal, dan tentu saja penyakit jantung koroner. Lihat Penyakit apa saja yang ditimbulkan garam.

Pengaruh Buruk Garam

Jika tubuh mengandung garam dalam konsentrasi tinggi, akan terkumpul di dalam darah. Hal ini menyebabkan volume dan berat darah meningkat. Selanjutnya, jantung harus bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah.
  • Tekanan darah yang meningkat akibat jumlah natrium yang berlebih pada darah. Akibatnya ginjal bekerja lebih keras dalam membuang kelebihan air dari dalam tubuh. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan gagal ginjal, gangguan otak hingga penyakit jantung.
  • Kembung karena kurangnya jumlah air dalam tubuh. Garam yang berlebihan menahan air dalam tubuh sehingga menyebabkan kembung. Konsumsilah air putih dalam jumlah banyak agar membantu dalam proses pengeluaran kelebihan natrium garam dalam tubuh melalui air seni dan keringat.
  • Jarang buang air kecil karena ginjal kesulitan mengencerkan garam. Produksi urine jadi terhambat begitu pula dengan konservasi air. Waspadai gejala seperti rasa terbakar seusai buang air kecil karena bisa jadi kadar garam dalam tubuh Anda sudah berlebih. Segera kurangi asupan garam dengan mengurangi makanan gurih dan asin. Gantikan dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran segar ditambah air putih dalam jumlah yang cukup.

Fakta-fakta tentang Garam

  • Garam mempunyai nama lain yaitu, emas putih. Nama tersebut muncul bukan tanpa alasan. Garam pernah mengalami harga beli yang sangat mahal pada abad pertengahan. Bahkan harganya bisa melebihi harga emas.
  • Begitu tahu bahwa garam bisa menjadi penyedap masakan alami, banyak masyarakat dunia yang memburunya. Sayangnya, tidak semua wilayah di seluruh dunia bisa menghasilkan garam. Tidak heran jika harganya melambung tinggi. Ada jalur transportasi khusus pendistribusian garam yang diabadikan di Jerman. Jalur tersebut terbentang sepanjang Pantai Baltik hingga kota di pedalaman Luneberg.
  • Pada awal 1800-an, harga garam diperkirakan empat kali lebih mahal dari daging sapi.
  • Menjelang abad 20, garam masih digunakan sebagai alat pembayaran di Ethiopia yang dahulu bernama Abyssinia.
  • Garam sangat penting bagi tubuh. Jika jumlah pasokan garam sangat kurang dalam tubuh, maka bisa menyebabkan hyponatremia yang mempengaruhi hormon, pembengkakan otak hingga kematian.
  • Tentara Romawi banyak menghabiskan uang gajinya untuk membeli garam.
  • Di Bolivia terdapat padang garam paling besar di dunia dengan luas 4.000 mil persegi. Selain menyediakan garam, Salar de Uyuni juga menghasilkan lithium yang dapat memenuhi setengah kebutuhan dunia.
  • Berlebihan dalam mengkonsumsi garam dapat menyebabkan kematian. Satu gram garam diperuntukkan bagi per kilogram berat badan. Misalnya Anda memiliki berat badan 50 kg, maka dengan memakan 50 gram garam Anda dapat terbunuh.
  • Di India, ada garam yang berwarna hitam. Garam hitam terbentuk dari percampuran biji harad ke dalam garam berwarna putih. Gumpalan garam berwarna hitam akan terjadi ketika campuran tersebut menguap.
  • Dahulu bangsawan di Cina pernah mengkonsumsi garam yang berlebihan sebagai bagian dari suicidal atau ritual bunuh diri.

    Manfaat Garam

    Dalam jumlah sedikit, sodium (zat utama dalam garam) dibutuhkan tubuh.
    • Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.
    • Membantu sel saraf meneruskan impuls elektrik.
    • Menjaga fungsi otot, terutama untuk kontraksi dan relaksasi.
    • Perawatan kulit berminyak. Minyak yang berlebihan pada wajah kerap mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, gunakan air hangat yang dicampur dengan satu sendok teh garam. Masukkan campuran air garam itu dalam botol spray kecil. Kapan pun dibutuhkan, semprotkan air garam pada wajah yang berminyak lalu keringkan dengan handuk bersih yang ditepuk-tepuk pada permukaan wajah.
    • Mengatasi mata lelah. Mata lelah akibat terlalu lama bekerja di depan komputer bisa diatasi dengan membasuhkan larutan garam. Larutan garam itu terdiri atas seperempat sendok teh garam dan setengah liter air hangat. Sembab di mata juga bisa dihilangkan perlahan dengan menempelkan kapas yang telah dicelupkan dalam larutan garam hangat tadi.
    • Eksfoliator. Sel-sel kulit mati dapat diangkat dengan menggunakan garam. Saat kulit tubuh Anda masih basah sehabis mandi, gosokkan segenggam garam secara lembut dan perlahan. Gunakan gerakkan memutar agar lebih efektif.
    • Scrub wajah. Garam bisa digunakan untuk membersihkan kotoran dan make up tebal pada wajah Anda. Aplikasikan satu sendok teh garam yang dicampur dengan satu sendok teh minyak zaitun pada wajah dan leher dengan lembut dan menyeluruh. Setelah itu, bersihkan dengan sabun cuci muka dan bilas hingga bersih.
    • Perawatan kulit kaki. Kulit yang paling sering terlihat kering adalah kulit kaki. Untuk perawatan kulit kaki yang kering, Anda bisa merendamnya dalam air hangat yang telah diberi segenggam garam. Setelah itu, pijat kaki perlahan dengan menggunakan batu apung atau sikat halus yang ada di rumah. Diamkan sepuluh menit sebelum dibilas dengan air dingin. Keringkan kaki dengan handuk bersih dan lembut. Jangan lupa terakhir usapkan lotion pada kedua kaki untuk melembabkannya.

    Kandungan yang terdapat pada garam

    Zat garam mineral terdapat pada minuman yang kita minum dan juga pada makanan yang kita makan. Beberapa kegunaan dan fungsi dari garam mineral

    1. Yodium / Iodium / I
    Yodium berperan penting untuk membantu perkembangan kecerdasan atau kepandaian pada anak. Yodium juga dapat membatu mencegah penyakit gondok. Yodium berfungsi untuk membentuk zat tirosin yang terbentuk pada kelenjar tiroid.

    2. Phospor / Fosfor / P
    Fosfor berfungsi untuk pembentukan tulang dan membentuk gigi.

    3. Cobalt / Kobal / Kobalt / Co
    Cobalt memiliki fungsi untuk membentuk pembuluh darah serta pembangun B.

    4. Chlor / Klor / Cl
    Chlor digunakan tubuh kita untuk membentuk HCl atau asam klorida pada lambung. HCl memiliki kegunaan membunuh kuman bibit penyakit dalam lambung dan juga mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin.

    5. Magnesium / Mg
    Fungsi atau kegunaan dari magnesium adalah sebagai zat yang membentuk sel darah merah berupa zat pengikat oksigen dan hemoglobin.

    6. Mangaan / Mangan / Mn
    Mangaan berfungsi untuk mengatur pertumbuhan tubuh kita dan sistem reproduksi.

    7. Tembaga / Cuprum / Cu
    Tembaga pada tubuh manusia berguna sebagai pembentuk hemo globin pada sel darah merah.

    8. Kalsium / Calcium / Ca
    Kalsium atau disebut juga zat kapur adalah zat mineral yang mempunyai fungsi dalam membentuk tulang dan gigi serta memiliki peran dalam vitalitas otot pada tubuh.

    9. Kalium / K
    Kalium kita butuhkan sebagai pembentuk aktivitas otot jantung.

    10. Zincum / Zinc / Seng / Zn
    Seng oleh tubuh manusia dibutuhkan untuk membentuk enzim dan hormon penting. Selain itu zinc juga berfungsi sebagai pemelihara beberapa jenis enzim, hormon dan aktifitas indera pengecap atau lidah kita.

    11. Sulfur atau Belerang
    Zat ini memiliki andil dalam membentuk protenin di dalam tubuh.

    12. Natrium / Na
    Natrium adalah zat mineral yang kita andalkan sebagai pembentuk faram di dalam tubuh dan sebagai penghantar impuls dalam serabut syaraf dan tekana osmosis pada sel yang menjaga keseimbangan cairan sel dengan cairan yang ada di sekitarnya.

    13. Flour / F
    Flour berperan untuk pembentuk lapisan email gigi yang melindungi dari segala macam gangguan pada gigi.
    Next Post Previous Post