Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan

jambu airMenurut wikipedia Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu semarang, kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa.

Jambu air biasanya dapat kita jumpai dipekarangan rumah. Itu karena jambu ini mngandung banyak air sehingga cocok dinikmati saat dahaga terutama saat musim panas.

Cara menikmati buah jambu biji ini juga beragam. Ada yang membuatnya sebagai strup jambu air, ada juga sebagai bahan rujak. Yang tak kalah seru juga bila jambu air ni diolah menjadi manisan. Bagaimana caranya, baca sini membuat manisan jambu air.

Jambu Air memiliki kandungan berupa protein, karbohidrat, kalsium, Fe atau zat besi, magnesium, potassium, zinc, copper, asam sitrat, fosfor, serat, vitamin C juga vitamin A, niacin, riboflavin, thiamin dan masih banyak lagi lainnya. Kandungan ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, karena itu buah ini selain nikmat juga bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan


Banyak mengandung vitamin A

Jambu air bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang pada masa kehamilan memang membutuhkan bantuan pasokan vitamin A yang jauh lebih banyak dibanding saat ia dalam kondisi tidak hamil.

Sumber vitamin C bagi tubuh.

Vitamin C sudah lama diketahui sebagai salah satu komponen yang menjaga kesehatan kulit, meningkatkan anti-body sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit dan membuat organ tubuh lebih fresh. Karena itu mengknsumsi jambu air membuat kulit tetap sehat.

Melancarkan sistem pencernaan 

Melancarkan sistem pencernaan dan menjaganya agar tetap sehat. Manfaat jambu air lainnya adalah sebagai komponen diuretic atau merangsang pembuangan air seni atau melancarkan buang air seni. Hal ini tentu baik bagi kandung kemih Anda. Dengan serat dan mineral yang tinggi dalam buah jambu air maka sangat cocok bagi yang sedang melakukan diet sehingga efektif untuk melancarkan pencernaan

Dapat meredakan bengkak

Jambu air juga sangat bermanfaat dalam meredakan bengkak pada kulit kaki maupun tangan. Caranya cukup mudah dengan melumatkan daging buah jambu air dan diaplikasikan pada bengkak. Efek dinginnya membuat kulit lebih rileks dan pulih lebih cepat.

Mengurangi dehidrasi

Salah satunya adalah kandungan mineral yang cukup tinggi membantu mencukupi cairan dalam tubuh sehingga dapat mencegah penyakit batu ginjal dengan cara membersihkan ginjal dari asam urine dan urea

Sebagai Imun tubuh

Buah jambu air mempunyai kandungan vitamin A yang dapat membantu menyeimbangkan imun (kekebalan) tubuh serta memperkuat fungsi sel darah putih dan juga yang lebih di kenal dari vitamin A adalah menjaga kesehatan mata

Antioksidan

Bagaimana dengan jambu biji apa manfaatnya untuk kesehatan?
Next Post Previous Post